Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Rp. 2 M Untuk Wisata Sitaro

Pulau Makalehi, Kab. Kep. Sitaro

Potensi Wisata di Sulawesi Utara khususnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai disikapi secara serius oleh pemerintah, ditandai dengan adanya gelontoran dana sebesar Rp2 miliar khusus untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah kepulauan tersebut.

Dana tersebut akan diarahkan untuk pembangunan pondok wisata permandian air panas di Bungalawang, dan pondok-pondok wisata di Pulau Makalehi dan Mahoro. Selain itu, dana tersebut juga akan dipakai untuk pembangunan sarana dan prasarana lokasi wisata di Desa Balirangeng, Siau. 

Di samping wisata alam dan bahari, dana tersebut juga akan digunakan untuk pengembangan lokasi wisata sejarah, yaitu pembuatan makam Raja Mandang dan Walandungo di Tagulandang.

“Sedangkan untuk program non fisik diarahkan pada pengembangan kebudayaan seperti mengadakan festival budaya di pusat dan daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs. Alvianus Marthin, Minggu (19/2).

Mengenai akses menuju lokasi wisata, ia menjelaskan, pembangunan jalan menuju lokasi wisata serta drainase dan fasilitas penunjang lainnya akan ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum, sementara fasilitas penunjang wisata di pinggiran pantai akan ditangani Dinas Perhubungan Kominfo.

Tidak banyak diketahui bahwa Sitaro memiliki lokasi wisata yang dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Selain wisata bahari, salah satu daerah kepulauan di Sulawesi Utara ini juga menyimpan potensi wisata alam dan sejarah. 

(Medcen Dishubkominfo Sulut)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar